Diaplikasikan Psikolog, Ini Lho Tipe Pemanfaatan Positif Hipnoterapi

Ilmu psikologi diterapkan untuk mengenal lebih dalam soal sifat dan perilaku manusia. Dalam ilmu psikologi, pemanfaatan hipnoterapi bukan hal yang aneh.

Psikolog dari Personal Growth, Monica Sulistiawati, mengatakan ilmu psikologi memiliki banyak variasi pendekatan, salah satunya yaitu psikoanalisis. Nah, hipnoterapi ialah salah satu komponen dari pendekatan psikoanalisis.

Monica menyebut pengaplikasian hipnoterapi dalam ilmu psikologi cukup banyak. Hipnoterapi awam diterapkan untuk memecahkan beberapa problem ketergantungan, seperti kecanduan mengisap rokok.

"Kecuali itu hipnoterapi juga diaplikasikan untuk pasien dengan phobia tertentu, pasien yang mengalami kesulitan untuk mengampuni orang lain, kesusahan belajar, kurang motivasi kerja, serta lain-lain," ungkap Monica.

Namun Monica menyebut efek hipnoterapi pada pasien dapat berbeda-beda. Pasien phobia misalnya, bisa saja sama-sama memiliki phobia ketinggian, tetapi hasil sesi hipnoterapinya berbeda. Cek bermacam info mengenai hipnoterapi surabaya.

Hal ini menurut Monica, berhubungan dengan kepribadian klien. Pasien phobia yang sulit membayangkan atau mengonsentrasikan diri terhadap obyek phobianya lazimnya tak mudah dihipnoterapi.

"Mengapa? Sebab dikala kita mengerjakan hipnoterapi sebenarnya kita minta si klien untuk membayangkan, memikirkan, konsentrasi pada objek-objek syok atau lukanya," urai Monica.

"Nah, ada sebagian klien yang rupanya tidak siap untuk memikirkan objek ini. Kesudahannya mungkin saja bisa menimbulkan luka baru," jelasnya.

Sebab itu, hipnoterapi tak dapat diberikan terhadap sembarang pasien. Psikolog patut menetapkan pasien dapat serta mampu menjalani hipnoterapi, dan pasien sepatutnya siap menanggung segala konsekuensi.

"Sehingga pemakaian hipnoterapi atau hipnoterapi ini jadi perlu berhati-hati. Sebelum memutuskan teknik atau sistem terapi perlu diawali dengan serangkaian pemeriksaan psikologis terlebih dahulu," tutupnya.

Terlepas dari teori perihal sistem hipnoterapi bekerja yang masih diperdebatkan, tidak semua orang mendapat manfaat yang sama dari hipnoterapi. Hanya sekitar 20 persen orang yang menampilkan perubahan sebab hipnoterapi, sementara beberapa lainnya tak termakan.

Bagi orang yang membutuhkan terapi, sebaiknya menambahkan hipnoterapi pada terapi lain untuk menempuh hasil yang optimal. Carilah bantuan ke psikolog berlisensi, psikiater berlisensi, dan pekerja sosial klinis berlisensi yang terlatih melakukan hipnoterapi serta bermacam-macam teknik psikoterapi lainnya. Setidaknya pekerja yang mempunyai lisensi akan menjalankan perawatan yang lebih bertanggung jawab.